D’ Cinnamons Rilis Single Religi Saat yang Kurindukan

D’ Cinnamons Rilis Single Religi Saat yang Kurindukan

202
0
BERBAGI
DOK. D’CINNAMONS

UNTUK memeriahkan momen Ramadan tahun ini, trio pop akustik D’ Cinnamons merilis single religi. Mengusung judul Saat yang Kurindukan, lagu ini menjadi karya terbaru D’ Cinnamons setelah tiga tahun absen merilis lagu baru.

Terbentuk sejak 2004 dan telah melahirkan dua album yakni Good Morning (2007) dan Atlantis (2012), D’ Cinnamons masih solid dihuni Dodo (vokal, gitar), Bona (gitar), dan Nana (bas). Sebelumnya, mereka juga merilis album soundtrack film Cintapuccino (2007), dan beberapa single, di antaranya Galih dan Ratna (2009), Damai Tapi Gersang (2010), Teman Hidup (2012), dan Warna Warni Cinta (2015).

Vokalis Dodo mengungkapkan, single Saat yang Kurindukan resmi dirilis Selasa 15 Mei 2018 di sejumlah platform musik digital. Mereka memilih untuk merilis tembang bernuansa religi karena menjadi pengalaman pertama dan cukup menantang.

“Pengaruh umur kali ya, yang mungkin mempengaruhi level spiritualitas kami. Sehingga keluarnya ya lagu seperti ini,” tutur Dodo lewat pos-el, Sabtu 19 Mei 2018.

Menurut Dodo, semangat kembali berkarya menggebu-gebu, seusai D’ Cinnamons melakoni showcase di beberapa daerah selama dua bulan nonstop. Beberapa minggu sebelum merekam single ini, D’ Cinnamons tampil di antaranya di Palembang, Balikpapan, dan Lampung.

“Saat itu kami melihat langsung, banyak yang ikut bernyanyi. Bukan hanya yang seumuran kami, tapi juga anak SMA dan kuliah yang ketika ‘Kuyakin Cinta’ dirilis mungkin masih balita. Dari situ kami berpikir, banyak penikmat baru dari generasi yang berbeda. Ini momen tepat untuk meluncurkan single baru,” kata Dodo.

Meski bernuansa religi, Dodo dkk menampik D’ Cinnamons akan merilis album religi. Untuk saat ini mereka cukup dengan single saja. D’ Cinnamons juga tak ingin lagu Saat yang Kurindukan hanya didengar saat Ramadan. Apalagi, tiga personel D’ Cinnamons memeluk agama yang berbeda-beda. Alhasil, isu yang diangkat dalam lagu ini memiliki level spiritualitas dengan cakupan yang lebih luas.

“Lagu bernuansa religi ala D’ Cinnamons sifatnya lebih universal. Bisa dipakai kapan pun, dan didengar umat beragama apa pun, karena liriknya tentang kerinduan bersujud kepada Yang Maha Kuasa,” ungkap basis Nana.

Nana menceritakan, proses pembuatan single Saat yang Kurindukan ini tergolong kilat, yaitu dua jam melalui proses workshop. Dimulai dari pencarian nada oleh Dodo, kemudian diisi lirik oleh Nana. Sementara aransemen dikerjakan keroyokan di studio mereka.

Proses mixing dan mastering juga dilakukan secara kilat oleh Nana dan Bona di studia BASE Bandung. Untuk mengedarkannya, D’ Cinnamons bergerak independen lewat label Nafas Musik.***

Sumber: Pikiran Rakyat